Kamis, 15 Januari 2015

Diary mahasiswa kedokteran


Edisi : 02 JANUARI 2015
Diary mahasiswa kedokteran: PRE-TEST + PRAKTIKUM + TUTORIAL + KULIAH + CSL + UJIAN PRAKTIKUM + UJIAN MINGGUAN + UJIAN AKHIR BLOK + UJIAN OSCE




Menjadi dokter adalah panggilan,
maka bekerjalah dengan tuntas dan penuh integritas
menjadi dokter adalah pelayanan,
maka bekerjalah dengan sempurna dan kerendahan hati

 Hai, sahabat Bloggers semua, jika tulisan-tulisan saya sebelumnya sifatnya masih terkesan formal ya, maka untuk tulisan kali ini saya ajak teman-teman semua untuk tahu lebih dekat tentang aktivitas wajib mahasiswa kedokteran..hehhe (sedikit curcooool J)
Oke kita mulai..
Sudah menjadi rahasia umum, sebagian besar masyarakat awam akan menilai kalau mahasiswa kedokteran itu pasti pinter, rajin, belajar terus, sibuk, tidak banyak waktu untuk bermain, nongkrong dan blaa bla bla.. (bener ndaaak!! hehe)
faktanya, ya bener juga sihh...tapi ndak sepenuhnya bener juga.. yuuk mari saya ajak untuk mengungkap rahasia di balik kemisteriusan mahasiswa kedokteran..wkwkwkwk
1.     Kenapa mahasiswa kedokteran itu harus belajar teruss, seriuss banget sampai ndak bisa ketawa??
Heheheh masak sampai segitunya ya terlihatnya!! Sebenarnya ndak gitu juga kok..saya coba deskripsikan singkatya, Sebagai calon dokter di masa depan, seorag dokter haruslah tahu banyak hal, utamanya yang berhubungan dengan kesehatan, karena pasien kami di masa depan adalah manusia yang tidak bisa digunakan sebaga obyek coba-coba. Selain itu ilmu pengetahuan itu selalu berkembang setiap saat sehingga bisa jadi model pemeriksaan yang berlaku sekarang belum tentu akan sama dan bisa selalu diterapkan dimasa yang akan datang. Makanyanya motto seorang dokter adalah belajar sepanjang hayat... so jangan pernah letih untuk belajar..belajar dan belajar...
2.    Kenapa mahasiswa kedokteran itu sibukk bangett sampai lupa nongkrong ya??
Hahahha iya kah?? Ndak jugaa... mungkin pas anak kedokteran nongkrong, teman-teman pas lagi ndak ngeliat...hehhe gubraakkkKKK...
Iya..iya... oke kita serius, jadi jika teman-teman melihat mahasiswa kedokteran kok minim sekali untuk main-main. Memang bisa jadi demikian, namun tak sepenuhnya benar. Jadi sistem kurikulum yang diterapkan di fakultas kedokteran adalah sistem blok, sistem ini berbeda dengan sistem kuruikulum di fakultas lain yang menggunakan sistem SKS. Kalau sistem blok, jadwalnya lebih padat, sehingga dalam satu blok misalnya sistem muskuloskeletal 4 sks untuk 4 minggu, berarti dalam 4 minggu itu semua hal tentang sistem muskuloskeletal harus tuntas dibahas, baik itu anatomi, fisiologi, histologi, patologi, farmakologi, CSL dll, belum juga harus ditambah dengan laporan tutorial, laporan praktikum, yang harus ditulis tangan. Dan yang paling membuat kami berbeda yaitu setiap minggu di hari senin kami harus menghadapi yang namanya ujian mingguan, so otomatis di hari minggunya disaat yang lain masih minggu weekend untuk jalan-jalan, bagai kami minggu weekend adalah hari persiapan untuk belajar buat ujian mingguan. Dan tak lupa ritual diakhir blok kami yang tak pernah ketinggalan yaitu ujian akhir blok (UAB), OSCE dan Portofolio.
(Huaahhh bingung yaa,,, apaan aja itu tutorial, CSL,OSCE, portofolio,dsb??? J)
OK akan saya jelaskan satu persatu:
a.    Belajar anatomi: itu artinya kami akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan gambaran makro tentang organ-organ penyusun sistem tersebut. Seperti Ginjal, jantung, paru-paru, dsb. Dan hasil dari perkuliahan anatomi (secara teori)  nanti akan dicocokkan dengan organ yang sebenarnya langsung pada kadaver (mayat) ketika jadwal praktikum anatomi.
Jika sudah praktikum anatomi di labolatorium anatomi, tak henti-hentinya rasa syukur itu selalu terucap. Karena saat praktikum melihat kadaver yang terbujur kaku, rasanya seperti melihat diri sendiri yang suatu saat nanti pasti berada pada posisi itu, dan sebelum saat itu datang, sudah selayaknya kita berusaha mengisi hidup ini dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk orang lain.
b.    Histologi: ilmu yang mempelajari tentang jaringan dari suatu organ. Jadi kalau yang anatomi mempelajari makrosnya maka histologi mempelajari struktur organ tubuh manusia secara mikroskopis dengan bantuan mikroskop.
Saat melihat gambaran organ secara mikroskopis, rasa kagum atas kebesaran Allah itu muncul, begitu besarnya kekuasaan Allah dan begitu maha Agungnya Allah menciptakan suatu organ dengan struktur dan detail yang tiada duanya memperhatikan dari unit terkecil hingga yang terbesar.
Misalnya saja di organ hati, dalam organ hati terdapat sel hepatosit hati dimana dalam sel tersebut terjadi berbagai macam aktivitas metabolisme tubuh, jika sel terkecl itu (hepatosit) rusak, maka segala aktivitas metabolisme tubuh akan terganggu dan membuat disfungsi dari organ.
c.    Fisiologi : berarti kita akan mempelajari tentang mekanisme atau proses kerja dari suatu sistem dalam tubuh kita. Misalnya bagaimana proses kencing dari mulai rangsangan sampai keluarnya urin, dll.
d.    Tutorial : merupakan salahsatu metode dari sistem pembelajaran PBL (Problem Base Learning) dimana akan dibentuk kelompok-kelompok kecil untuk diskusi dan akan diberikan sebuah kasus tentang suatu penyakit dan dalam satu kelompok akan saling berpendapat untuk memecahkan permasalahan dalam kasus tersebut menggunakan metode seven jamp ( identifikasi kata sulit dan kata kunci, problem list, brainstorming, Mapping Kasus dan Konsep, Study Direct Learning, Learning Objective, Reporting). Untuk tahu lebih jelasnya, silahkan masuk dan menjadi mahasiswa kedokteran, biar lebih terasa sensasinya. Heheheh
e.    CSL (Clinical Skill Learning) : jika sudah masuk jadwal CSL, berasa ingin cepat-cepat lulus dan menjadi dokter. Karena dalam CSL akan diajari bagaimana cara berinteraksi dengan pasien, bagaimana melaksanakan pemeriksaan fisik, mendiagnosis, sampai mengedukasi pasien. Sehingga ketika belajar CSL harus benar-benar memahaminya, memperhatikan detailnya, dan melakukannya sendiri, sehingga untuk memastikan mahasiswa-mahasiswanya memahami dan  bisa melakukannya mandiri maka di akhir semester akan di ujikan dalam ujian OSCE.
Oke sahabat blogger sekalian, itu tadi gambaran singkat tentang serangkaian aktivitas mahasiswa kedokteran. Supaya bisa merasakan sensasinya, silahkan mendaftar menjadi mahasiswa kedokteran biar kerasa sendiri sensasinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar