Senin, 26 Januari 2015

Studi Literatur tentang Pengaruh Mendengarkan Al-Quran terhadap Kestabilan Kerja Jantung


Edisi:  11 Januari 2015

Studi Literatur tentang Pengaruh Mendengarkan Al-Quran terhadap Kestabilan Kerja Jantung
oleh: Nur Lailatun Ni'mah


Pengaruh Suara pada tubuh manusia
´  Musik memiliki fungsi untuk meningkatkan, mengubah emosi dan aspek spiritual.
´  Musik merupakan   sarana untuk menata dan meningkatkan kualitas diri baik pada aspek kognitif, maupun emosi.
´  Penelitian  menyebutkan bahwa musik dengan tempo rendah dapat membuat pendengarnya lebih rileks.
´  Suara bacaan Al Quran atau yang sering disebut Murotal Al Quran, merupakan bagian dari musik tersebut.
´  Murotal tersebut adalah seperangkat frekuensi yang sampai ke telinga dan dikirimkan ke sel-sel otak lalu mempengaruhi sel-sel lain melalui medan listrik antar neuron.
´  Sel-sel dan medan listrik itu saling merespon sehingga mengubah getaran sel menjadi stabil
´  Terapi dengan mendengarkan lantunan murotal Al Quran ternyata sudah memasyarakat di kalangan tertentu pemeluk agama Islam.
´  Mereka mendengarkan lantunan Al Quran bukan hanya sebagai terapi suara, tetapi untuk mendekatkan diri kepada Tuhan (Allah Ta’ala).
Penelitian ilmiah terakhir menegaskan
“sistem kerja dari sel bergantung pada getaran,dan sel-sel saraf terpengaruhi oleh segala getaran suara atau getaran elektromagnetik dengan membentuk model tertentu. Dan dari sini kami menegaskan bahwa pembacaan surat apapun dari Al-Qur’an mempunyai pengaruh menggiatkan pada sel-sel otak dan jantung. Dan seluruh surat-surat Al-Qur’an dan Ayat-ayatnya bermanfaat untuk pengobatan, dan tidak seperti di yakin sebagian orang bahwa pengobatan hanya terdapat pada Ayat-ayat tertentu ”.

´  Al-qur’an di dalamnya terkandung obat untuk orang mukmin dan kerugian untuk orang kafir.Allah SWT berfirman Q.S. AL-Isra’:82

´  Seringkali sebagian dari orang-orang kafir atheis menentang apabila kita mengatakan kepada mereka bahwa suara Al-Qur’an dapat mempengaruhi pada jantung dan menjadikannya stabil.Ini adalah hal yang di katakan Al-Qur’an dengan firman Allah SWT: (Q.S. Ar-ro’du:28)

Bukti penelitian
´  Penemuan terbaru menyatakan bahwa beberapa dokter dari finlandia menghadapkan 60 penderita penyakit gagal jantung,kepada suara musik. Dan mereka menemukan bahwa musik mempunyai pengaruh dalam pengobatan penyakit jantung.
´  Seorang peneliti bernama Teppo Sarkamo dari Universitas Helsinki mengatakan: musik menjadi sesuatu yang penting bagi para penderita jantung dan orang-orang penderita penyakit gagal jantung. Dan musik adalah bahan murah,tidak membebani sedikitpun.
´  Para peneliti telah menemukan bahwa penyakit gagal jantung yang sedang di hadapi oleh penderitanya dapat berpengaruh negatif pada intelektualitas dan memori penderitanya. Akan tetapi setelah memposisikan setiap penderita dalam lembah musikal yang di sukainya, maka terjadi perbaikan, dapat di rasakan dalam level ingatannya,dan kestabilan kerja jantungnya.
Keutamaan organ Jantung
´  Jantung merupakan organ vital pada sistem tubuh manusia, apabila jantung manusia baik maka seluruh anggota tubuh akan menjadi baik pula.Adapun apabila keseimbangan otot ini (jantung) cacat,maka hal ini akan berpengaruh pada tubuh secara keseluruhan.
´  Jantung  di anggap sebagai sepotong daging super istimewa:
            - Setiap harinya memompa 8 ribu liter darah,
            - Bekerja lebih dari 2 milyard pompaan
            - Jantung di anggap sama seperti mesin penggerak untuk perdaran                                   darah. Darah bekerja dengan membawa makanan dan oksigen ke seluruh wilayah tubuh,dan kembali dengan membawa sampah-sampah            serta racun-racun untuk di buangnya.
´  Fakta ilmiah yang ini sudah di bicarakan oleh keterangan kenabian sebelum 14 abad yang lalu.
´  Rasul yang Mulia bersabda:(H.R. Bukhori dan Muslim)
Ingatlah, Bahwa sesungguhnya didalam tubuh manusia terdapat sepotong daging, yang apabila sepotong daging tersebut baik, maka baik pulalah seluruh seluruh tubuh, dan apabila sepotong daging itu buruk, maka buruk pulalah seluruh tubuh. Bukankah sepotong daging itu qolbu (jantung)?
´  Hadits ini sesuai dengan bukti-bukti ilmiah kedokteran terkini yang   menetapkan pentingnya jantung,kesehatannya, dan keselamatannya, serta pengaruh hal-hal tersebut terhadap tubuh dan kesehatan manusia secara keseluruhan.
´  Terdapat salah seorang penghafal al-Qur’an yang meninggal dan otaknya berhenti bekerja, seluruh organ tubuhnya juga telah mati,akan tetapi jantungnya tetap berdetak.
´  Sungguh fenomena ini telah membingungkan para dokter,maka mereka bertanya kepada keluarganya,kemudian keluarganya menjawab bahwa dia senantiasa mendengarkan dan membaca al-Qur’an dalam setiap saat! Dan Maha Suci Allah,otak mati sedangkan jantung tetap berdetak.Bukankah hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang kuat sekali dari al-Qur’an terhadap jantung,bahkan setelah kematian pun jantungnya tetap bekerja!!!
´  Stasiun BBC telah menyiarkan beberapa kesaksian dari orang-orang yang sedang menghadapi beberapa pembekuan pada jantung,dan beberapa kejadian berjalan di waktu tidur, dan sebagian dari mereka juga sedang menghadapi  radang selaput otak dan pembekuan pada otak,dan berbagai penyakit yang lain.
´  Dan mereka semuaanya sepakat bahwa mereka mendapatkan manfaat yang banyak dari musik yang mereka selalu mendengarkannya setiap hari. Dan dengan bahasa lain bahwa menyakini pentingnya mendengarkan suara-suara yang di sukai oleh orang sakit. Akan tetapi kita,seperti halnya orang-orang mukmin lain yang mengaku suka kepada al-Qur’an,apakah terdapat suara yang lebih  kita sukai daripada suara al-Qur’an?
´  Fenomena diatas menetapkan bahwa terdapat sel-sel yang bertanggung jawab terhadap penyimpanan ayat-ayat al-Qur’an di dalam otak.
´  Sel  saraf dari sel-sel jantung.Sebagian peneliti dari akademi kesehatan jantung menegaskan bahwa sel-sel ini,yang jumlahnya mencapai 40 ribu,mempunyai pengaruh kuat pada sel-sel otak.Dan bahwa jantung mempunyai peran penting dalam intelektualitas dan ingatan,serat penyimpanan data-data.Dan bahwa jantung juga dapat terpengaruhi oleh frekwensi-frekwensi suara.
´  Di dalam jantung terdapat sel-sel khusus bertanggung jawab terhadap penyimpanan ayat-ayat al-Qur’an.
´  Sesunguhnya al-Qur’an mempunyai pengaruh besar dalam pengobatan.Karena al-Qur’an bukan sekedar irama-irama musikal,akan tetapi bahkan ia adalah perkataan yang mempunyai artian-artian dan petunjuk-petunjuk.Dan huruf-hurufnya mempunyai kekuatan pengaruh pada otak dan jantung.Dan karena itulah maka apabial musik dapat mempengaruhi penyakit,maka sesungguhnya pengaruh al-Qur’an sangat lebih berlipat ganda.Dengan bahasa lebih mudah,karena sesungguhnya yang menciptakan  penyakit adalah yang menurunkan al-Qur’an,dan Dia lebih mengetahui keadaan diri kita di bandingkan kita.

´  Sumber Referensi:
Kaheel, Abdeddaem. 2013. Sembuhkan Sakitmu Dengan Al-Qur’an. Yogyakarta: Laras Media Prima 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar